Thursday, May 18, 2017

Big Bad Wolf 2017

Gue adalah manusia yang suka sama buku. tapi gue buan kutu buku juga sih. cuma sekedar suka aja. gue demen ada berjam-jam di dalem toko buku buat baca buku *nggak modal* atau perpustakaan juga suka. bagi gue itu adalah tempat anti mati gaya. Dan pameran buku adalah salah satu event favorit setelah bazar baju ;D
Suasana BBW 2017
Waktu tau Big Bad Wolf (BBW) bakalan diadain lagi tahun ini, mendadak excited. kenapa? karena aun kemarin nggak sempet kesana :( jadi tahun ini wajib hukumnya ke BBW. padahal lokasi tinggal sekarang di Bandung dan lagi hamil tua nggak menghalangi gue buat kesana HAHAHAHAA

BBW sendiri adalah pameran buku import dengan sale 60%-80% yang di adakan di ICE BSD. awalnya sih BBW ini cuma ada di Malaysia tapi semenjak tahun 2016 mulai diadakan di indonesia dan responnya sangat positif. bahkan th 2016 membludak sampe antriannya berjam-jam. alhamdulillah ya minat baca orang indonesia berati tinggi juga :D.

tahun ini BBW diadakan dari 21 Apr - 21 Mei 24 jam non stop! kebayang dong bisa belannja tengah malem yang katanya sih relatif sepi. tapi liat beberapa temen yang ikutan belanja tengah malem via instastory kayaknya sama aja. rame-rame aja tapi lebih adem aja sih secara BSD panasnya naujuile.

untuk masuk BBW pengunjung nggak di pungut biaya apa-apa. cuma bayar parkir doang buat yang bawa kendaraan. selain itu juga di buka jalu VIP atau pre-review sebelum hari H dibuka. cara dapetin VIP pass-nya bisa dengan ikutan kuis di fans pages facebook-nya, beli VIP pass degan viesta point mandiri dan jalun undangan untuk Blogger dan Vlogger. yah seengaknya cara itu yang gue tau. katanya sih buat penulis juga dikasih atah yang di bagi-bagi buat pembacanya juga.

gue sendiri alhamdulillah dapet tiket VIP dengan jalur undnagan blogger tapi sayangnya gue baru baca emailnya 2 hari setelah acara berlangsung dong! kesel banget huhuhuuu. dan akhirnya pakai planning awal gue dateng ke BBW sebagai pengunjung biasa di awal Mei sekalian mudik ke Bogor.

karena gue baru pertama kali ke BBW gue much excited banget. udah siap pake baju yang a


dem pake sendal jepit sampe ngelist buku yang mau di beli biar gampang karena gue yang udah hamil 7bulanan udah mula capek kalo gerak banyak (baca : males gerak). gue kira juga bakalan penuh sumpek kayak pasar tanah abang, api nyatanya nggak sama sekali. disaa lumayan lowong. mungkin karena gue kesana udah akhir-akhir kali yah. terus kasirnya nggak antri sama sekali. tapi ya itu udah banyak board book for baby yang udah abis :(

Kasirnya ada 60, jadi nggak perlu takut antree

oiya karena BBW hanya menyediakan pembayaran cash dan bank mandiri ada baiknya kalo kesana mending bawa uang cash sebanyak-banyaknya atau minjem Debit card mandiri temen kalo nggak punya karena pasti khilap deh sama hukunya!!!

soal harga yang pasti cenderung murah. tapi untuk buku bayi dna anak potongannya lebih sedikit. mungkin karena emang 50% buku disini adalah buku bayi dan anak amcem boar book, pop up, sound ook dan actuvity book. buat mamak-mamak demen beli buku anak kayak gue bikin khilap lah. selain itu juga banyak buku romance, hobbies, design yang harga di toko buku normal bisa sampe ratusan ribu bahkan jutaan disini cuma 100rb sajooo.

pengkategorian buku pakai banner di gantung jadi lebih mudah nyarinya

Buku history yang harusnya minimal gopek di toko buku biasa disini 100rban sajoo


terus kok bisa murah. bukunya asli nggak? jangan-jangan reject atau bekas lagi.
tenang aja buku disini semuanya asli! nggak cuma buku best seller kok ada banyak buku langka yang di jual dengan harga muree cyn~

tapi sayangnya management BBW belum menerapan sistem buat para jasa titip. gue ngerti banget deh kenapa ada jasa titip. ya karena BBW cuma ada di jakarta untuk mewakili peminat seluruh nusantara. sementara kalo dari luar kota harus ngocek lebih banyak biaya kan. tapiiiii.. yang mengesalkan dari jasa titip adalah mereka main borong satu buku seroli tanpa menyisakan buat pengunjung lain. terus di jual dengan harga lebih mahal :( nemanya juga usaha sih ada peluang ya hajar ajaaa.. tapi gue sebagai pengunjung biasa jadi sedih nggak kebagian :( semoga kedepannya management BBW mulai menerapkan max pembelian untuk satu jenis buku yang sama biar nantinyya pembelian yang banya itu nggak disalah gunakan. karena gue, sebagai emak-emak yang juga mantengin beberapa toko buku online, selama bBW berlangsung banyak toko buku yang vakum sementara dan begitu BBW berakhir kleksi buunya bagus2 banget dengan harga relatif mahal. huhuhuuu...

oiya, menurut cerita temen gue sih atanya harga buku di BBW malaysia lebih murah dibandig di indoneisa. mungkin karena bajak bea cuai barang import indonesia emang lebih tinggi sih, tapi gue berharap semoga ada pengecualian buat produk edukati kayak buku ini. karena buat banyak orang harga satu buku 50rb itu masih terlalu mahal dari situ kan bisa menurunkan minat baca. padahal buku adalah jendela dunia kan.

baiklah sedikit review dari gue soal BBW 2017 semoga bermanfaat dan semoga BBW diadain lagi taun depan. amiiinnn~~~

Tuesday, January 10, 2017

Review Critical Eleven by Ika Natassa

Judul : Critical Eleven
Penulis : Ika Natassa
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
Tahun terbit :2015
Tebal : 339 halaman


Sinopsis
Novel ini meceritakan tentang bagaimana seorang Anya yang merupakan seorang management consultan dan Ale yang seorang offshore operation engineer mengawali hubungan dengan meet-cute seperti dalam film romantic comady di sebuah pesawat menuju Sidney. sebulan kemudian sepulangnya Ale dari penugasan di teluk mexiko, Ale menghubungi Anya, dan hanya dengan 7 hari pertemuan intens mereka akhirnya jatuh cinta dan menikah.


Kehidupan pernikahan yang awalnya berjalan sempurna akhirnya mengalami sebuah cobaan besar dalam hidup keduanya yang membuat hubungan mereka renggang. Anya memutuskan untuk berpisah kamar dengan Ale meski masih satu rumah. Anya mengungkapkan kemarahannya dengan mengacuhkan Ale dan menganngapnya bukan siapa-siapa lagi sementara Ale berusaha jungkir balik mengembalikan semua seperti semula.

"ujian keimanan seorang laki-laki itu bukan waktu dia digoda oleh uang, perempuan, atau kekuasaan seperti yang dikatakan orangorang. ujian keimanan itu sesungguhnya adalah saat yang paling berharga dalam hidup lai-laki itu direnggut begitu saja, tanpa sebab apa-apa, kecuali bahwa karena itu sudah takdirnya"--Ale

Kehilangan Adian bagi Anya adalah kehilangan terdalamnya yang membuat ia menyadari bahwa orang yang paling ia cintaipun dapat berubah menjadi orang yang ia paling ia benci dan membuatnya mempertanyakan lagi tentang pilihannya memutuskan menikahi Ale.

"Marriage is little bit like gambling, isn't it? Bahkan lebih beresiko daripada berjudi, waktu kita duduk di depan meja poker atau blackjack atau dice, kita biss memilih ingin mempertaruhkan seberaoa banyak. Sedikit, sepertiga, setengah atau semua, kemenangan yang bisaa kita peroleh atau kekalahan yang harus kita tanggung semua tergantung dari seberapa besar resiko yang berani kita ambil. Tapi pernikahan tidak begitu. Saat kita duduk didepan meja penghulu dan melaksanakan ijab kabul, semua kita "pertaruhkan". Cinta, hati, tubuh, pemikiran, keluarga, idealisme, masa depan, karier, setiap sel keberadaan kita sebagai manusia. Tidak bisa setengah-setengah. Saat kita menang, kita memang bisa memenanhkan jauh lebih besar daripada yang kita pertaruhkan. Cinta yang kita rasakan bisa berlipat-lipatm tubuh kita tidak lagi satu tapi sudah bisa melahirkan keturunan yang lucu-lucu, In marriage, when we winm we win big. But when we lost, we lost more than everything. We lost ourselves, and there's nothing sadder tha  that."--Anya.

***
Yang gue suka dari novel ini, selain ceritannya yang realistis tapi juga cara Ika Natassa membuat alur cerita dengan sudut pandang kedua tokoh utama (Anya dan Ale) masing-masing dari mereka menceritakan pandangan terhadap permasalahan mereka sehingga pembaca dengan jelas memahami konflik dalam cerita berdasarkan sudut pandang keduanya dan semakin paham lebih dalam tentang karakter dan situasi sepanjanh cerita. 


Karakter utamanya sendiri sudah dapat membuat pembaca jatuh cinta. Ale yang benar-benar charming menurut saya dan Anya benar-benar sosok independen wanita karir yang banyak mewakili kaum perempuan urban jaman sekarang membuat buku ini semakin menarik.

selain itu, Ika Natassa juga memberikan detail yang sangat baik dalam penggambaran tempat bahkan brand yang di gunakan sehingga pembanca dengan mudah ikut mersakan susana dalam cerita seperti yang biasa Ika lakukan pada novel-novelnya.


Cara Ika Natassa membuat alur dengan menggambarkan situasi yang sudah terjadi tapi menyembunyikan konflik penyebab keduanya di tengah cerita membuat pembaca penasaran untuk membalik tiap halaman dengan perasaan "Apa lagi nih yang bakal terjadi pada Anya dan Ale?" benar-benar good idea sekali dan alur yang terasa mengalir tanpa mengada-ada dan penggambaran yang berlebihan.

Sayangnya akhir dari cerita keduanya menurut gue kurang klimaks aja, dengan konflik dan cara penggambaran Ika yang terhadap cerita yang sangat cerdas dan terlalu cepat penyelesaian permasalahannya selesai.

tapi over all its my favorite novel dan selama setahun belakangan entah sudah berapakali novel ini gue baca dan nggak pernah bosen bacanya.

btw, novel ini bakal di film-kan dan nggak sabar banget buat liat secara visual karakter Ale dan Anya yang akan diperankan oleh Reza Rahardian dan Ardinia Wirasti. semoga jalan cerita dan pembawaan pemain dapat mewakili karakter Anya dan Ale dengan baik karena yaa.. yang sudah kita biasa tau kalo film diangkat dari Novel suka elenceng. semoga kali ini nggak. amiiinnnn..


Saturday, July 2, 2016

Tips mudik



Nggak ada bosen2nya orang2 mudik pas lebaran buat sekdar nyambung silaturohim sampai menjemput "jodoh" di kampung halaman *tsaah

Mudik emang hal yang paling di tunggu, meskipun capek di jalan tapi bahagia waktu liat kampung halaman memang tiada tara~ apalagi ada gebetan di sanaa. Ahhh~

Buat kamu yang lagi sibuk nyapin mudik ataupun stalking akun sosmed mantan. Ada baiknya baca tips dan trik ala shinta di bawah ini.

1. Bawalah uang cash secukupnya. Gausah banyak2, yg penting cukup buat jajan cemilan, buat ngasi pengamen, beli makan dan beliin gebetan oleh2.
2. Bawa baju yang akan di pakai. Jangan bawa baju hadiah dari mantan, ntr galau. Inget, hidup berubah dan ga selamanya yg kamu harapkan selalu tercapai. taun kemarin lagi anget2nya tapi taun ini lagi berusaha tertatih move on *pukpuk*
3. Siapkan obat2ab selama di perjalanan. Mulai obat flu, pusing, masuk angin, obat mabok darat sampai obat hati krn udah ga sama mantan lagi. Kalo kata lagu opick dih obat hati ada 5; utk lebih lanjut dengerin aja lagunya.
4. Klo mudik dengan transportasi umum, hal terpenting yg kamu harus lakuin adalah : BELI TIKET. Inget ya tiket ke tujuan rumah kamu bukan rumah gebetan. Apalagi kalo tujuan kamu beda sama mantan sampai akhirnya kalian putus, udah lah move on aja~ *dudududuu*
5. Klo mudik dengan kendaraan sendiri : pariksa kendaraan kamu dalam keaadan fit. Sehat wal afiat. Ada baiknya cek dlu ke bengkel terdekat. Deket rumah gebetan juga nggak apa2 sih, siapa tau bisa sekalian modus.
6. Siapkan amunisi "hiburan" selama perjalanan. Bisa buku, playlist lagu2, kuota internet super cepat buat kepoin akun sosmed mantan juga bisa di lakukan untuk mengisi waktu luang selama di jalan.
7. Berpakaianlah yang nyaman selama perjalanan. Walaupun nyaman belum tentu cocok, dan biasanya nyaman awal dari hubungan "friendzone" sih.
8. Siapin mental buat pertanyaan potno berikut ;
- kapan nikah?
- kapan lulus?
- kok pacarnya ga diajak?
Jika pertanyaan serupa diaats mendarat di telinga kamu ada baiknya kamu pura2 amnesia parsial sambil bertanya "saya siapa? Saya dimana? Apakah pak suharto masih jadi presiden?" Dsb.

Sekian tips dan trik dari gw, samapi jumpa di tips dan trik berikutnya. Ser yoooo~

Saturday, April 16, 2016

semua berawal dari hati

Gue selalu percaya, segala sesuatu yang di buat/diceritakan dari hati aakan sampai ke hati si penerima tanpa banyak perantara. That's why gue nggak pernah cocok jadi psikolog :))

ok, Lanjut..
Banyak karya yang simply di buat "pake hati" tapi ngena, salah satunya lagu celengan Rindu karya Fiersa besari yang di upload di soundcloud. Lagu originalnya di rekam cuma pakai gitar aksutik dan di rekam dengan iphone simply bisa ngena gimana rasa kangen sang penyanyi yang saat itu lagi LDRan sama pacarnya. dan simply i feel you, bro at the time padahal gue lagi nggak LDRan saat itu :))

dan.. nggak cuma sebuah karya aja yang bisa di terima, conthnya semalem..
jadi tadi malem, seorang teman gue telepon setelah beberapa hari intens chatting via whatsapp tentang hubungan dia dengan gebetan barunya. temen gue ini sempat gagal move on dari mantan pacarnya selama 5 tatun. sebelumnya dia sempat jalan sama bebrapa orang tapi belum ada yang bener-bener bisa bikin dia move on sampai suatu hari dia ketemu si gebetan ini.

si gebetannya ini cuma orang biasa ta ternyata dengan segala "biasa"nya dia bisa bikin temen gue jatuh cinta dan semaleman dia cerita tenatng perasaan yang udah lama nggak pernah dia rasa.
for sure semalem gue bener-bener lagi pusing banget, ngurusin nikahan yang udha tinggal dikit lagi di tambah kerjaan yang numpung itu kombinasi bagus buat bad mood. but, setelah gue denger cerita temen gue ini, i feel her. tiba-tiba aja gue bahagia. yaa..selain karena dia sahabat gue tapi it feels like i'm in love too.. sampai kebawa mimpi malahan.

congrats to my dear lovely friend,
you absolutely in love. hope it will going well for you both.
and this song dedicate for you,..

maliq n d'essensial - setapak sriwedari

Monday, February 22, 2016

Bekerja yang membunuh kreatifitas

Salah seorang temen gue pernah bilang sebelum dia resign "gue mau resign, soalnya kerjaan ini udah membunuh kratifitas gue" waktu itu sih gue cuma manggut-manggut. mungkin dia jenuh sama kerjaan kantoran yang menyita waktu, dan kebetulan emang dia baru punya anak dan berencana resign untuk berubah jadi full-time mom.

kerjaan gue sebagai "tukang jualan piring cantik" ini emang menyita perhaian. butuh konsentrasi tinggi dan menghabiskan waktu *tsaah* kadang kalo kerjaanya lagi padat gue suka ngerasa jam kerja 8 jam perhari itu urang. I need moreeee~~ *huweekkkss* kalo udah kayak gitu, begitu sampe rumah gue udah caek. bawaanya cuma pingin nonton TV dan tidur sampe pagi. begitu terus setiap hari

gue kangen banget, masa-masa dimana gue bisa banyak meluangkan waktu untuk melakukan hal-hal yang siple tapi menyenangkan buat gue. baca novel bagus, nonton film atau jalan-jalan muter-muter jakarta. kadang nulis seharian sambil ngayal.

but now.. welcome to my boring life~